3 Promosi pribadi

3 Ide Promosi Pribadi Yang Unik Untuk Solopreneur.

Posted on

Pentingnya  ide promosi pribadi, coba anda bayangkan anda sedang berada direstoran dan makan malam mewah tentu dengan client, dan anda memulai percakapan malam itu. Anda menyadari bahwa orang yang sedang anda bicarakan adalah client potensial dan mereka bertanya bagaimana Anda dapat membantu mereka.

lalu Anda meraba-raba ke dalam saku Anda dan menarik keluar kartu bisnis atau kartu nama yang sudah kusut. sambil anda memberikan kartu tersebut anda berkata, ” ini kartu nama saya, dan Maaf. Ini kart nama yang terakhir. ” ucap anda sambil senyum-senyum malu.

bincang-bincang santaipun berakhir dan setelah itu client anda berjanji untuk kembali kepada anda. Anda kemudian mengetahui bahwa itu adalah janji kosong semata.

Apakah Anda pernah mengalami seperti itu atau serupa? Apakah Anda tidak bosan promosi seperti itu ? Anda harus mencari cara lain untuk membuatnya lebih mudah dan menarik, kan?

Nah pembaca diputra, hari ini kita akan membahas beberapa cara untuk membuat promosi bisnis atau branding diri anda menjadi mudah atau tidak biasa. cekidot.

kartu nama out of the box diputra

1. Kartu Nama Yang Tidak Seperti Biasanya.

Saya pernah mendapat kartu nama yang diberikan oleh bisnis owner dibidang event organizer. singkat cerita desain kartu nama ini luar biasa. nama owner dalam kartu dibuat timbul dalam warna emas dan saya dapat dalam keadaan sedikit lecek dan dasain pada kartu nama yang sangat ramai dan heboh bak kedatangan alien kedalam kamar, dan entah maksudnya apa yang jelas pertama melihat kartu itu sangat disayangkan tidak membuat saya tertarik untuk melihatnya lagi apalagi mengubunginya..

kebanyakan orang memang tidak akan terlalu fokus pada kartu nama seperti itu karena mungkin kurang efektif.

kebanyakan kartu nama yang dibuat oleh owner bisnis atau pun sales marketing kebanyakan itu biasanya terlalu heboh pada desain tanpa memperdulikan fungsi dan manfaat kartu nama itu sendiri, pernahkah anda menemukan kartu nama polos putih dan didalamnya hanya ada nama dan nomor telp yang bisa dihubungi!

Jadilah berbeda. misalkan anda akan menggunakan stok kartu nama hanya kosong atau hanya nama dan nomor yang bisa dihubungi, dan anda hanya memberikan kartu nama itu saat akan menyerahkan minuman dingin dengan nama Anda di atasnya.

atau memberikan orang itu pembuka botol, kartu hadiah, kartu perdana, dan lain-lain yang sekiranya sangat berguna dengan nama Anda timbul di atasnya.

Tidak ada pena. Kecuali itu pena emas yang bisa digunakan untuk menghias meja mereka. Sebagai seorang yang kadang suka menulis dengan pena, saya beritahu Anda bahwa pena hanya untuk menulis dan bisa mengeluarkan noda hitam kedalam kertas putih. tapi jika itu pena berlapis emas akan sangat bagus jika dipajang dimeja kerja sebagai hiasaan..

buat resume yang menggemparkan

2. Membuat Resume atau Portofolio Tambahan atau Optional.

hal pertama yang saya lihat dari portofolio adalah sebaik apa orang yang menawarkan produk atau jasa kepada saya, namun ada yang menarik saat saya melihat resume dan portofolio dari seseorang yang baru saja lulus sekolah SMK diantara resume-resume yang lain yang juga menawarkan jasa desain.

dia menawarkan jasa desain dan didalam portofolionya ditunjukan hasil karya-karyanya yang sudah pernah dikerjakan, dan ada yang menarik perhatian saya, dia juga memasukan portofolio “extra” yaitu desain dia dalam membuat sebuah game asset yang dijelaskan bahwa hanya ditawarkan kepada saya sebagai tambahan bonus jika menggunakan jasa dia.

selain itu juga cara menampilkan dan menjelaskan kepada saya tidak teknis dan mudah dimengerti oleh orang awam seperti saya.

tentunya jika anda mampu membuat portofolio yang berbeda dari kebanyakan maka akan lebih menojol dan menarik bukan, bagaimana jika anda mendapat portofolio yang sangat mudah dimengerti oleh anda ? portofolio yang anda terima benar-benar berbeda dari yang lain apakah anda akan menolaknya?

dan patut dicoba bagai anda yang ingin membuat portofolio, cobalah buat lebih menarik dan berbeda dari portofolio kebanyakan. atmbahan nilai lebihnya.

ide <a href='https://diputra.com/tag/promosi/' target='_blank' rel='nofollow' title='promosi'>promosi</a> pribadi” width=”560″ height=”315″ /></p>
<h3><span class=3. Berikan Paket Tambahan.

untuk yang satu ini mungkin anda butuh sedikit dana lebih tapi ini sangat bagus untuk jangka panjang, masih dicerita yang sama saat saya menerima portofolio dari soloprenuer yang baru lulus SMK.

saat dia memberikan portofolio dan menjelaskan tentang produk jasa yang dia geluti. disamping portofolio juga tersedia stiker dan pulpen yang didesain khusus dengan brand desain dia.

ini benar-benar “Out Of The Box”, bagaimana tidak, dia sudah berani investasi lebih bahkan saat belum terjadi penjualan sama sekali, dan daya yang menerimanyapun menjadi lebih memperhatikan dan semangat mendengarkan dia presentasi produk.

walau harus sedikit mengeluarkan dana, tapi ini sangat bagus untuk jangka panjang dan bisa menjadi pertimbangan anda untuk promosi kedepan sebagai soloprenuer.

selain itu juga mungkin akan menambah Percaya pada diri sendiri dan produk sendiri, Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda menemukan klien potensial duduk di samping Anda direstoran? Anda tidak perlu memasang headphone Anda. Bicaralah pada mereka dan kemudian berbincanglah dan siap dengan “senjata-senjata” anda untuk mereka dengan sesuatu yang mengagumkan. Percayalah pada diri sendiri.


Demikian artikel singkat yang bisa saya bagikan silahkan share artikel ini agar manfaatnya bisa semakin meluas dan komentar dibawah jika anda punya pendapat atau cara ampuh anda sendiri. semoga bermanfaat dan semoga bisnis anda semakin tumbuh dan sukses, amminn