MINDSET BISNIS

4 Mindset Bisnis Gila Sebelum Semuanya Dimulai!

Posted on

Apa yang terpikirkan oleh anda saat mendengar kata mindset bisnis, pastinya beraneka ragam dan rata-rata mungkin sudah bosan dengan pola yang itu-itu saja.

Bagaimana jika kita mempelajari mindset bisnis dari sudut pandang yang salah dan gila.

Dan anda mulai bertanya-tanya atau bergumam, apa-apaan melihat sudut pandang dari yang salah.

Baik, kita akan bahas mulai dari mindset gila yang pertama.

Bayangkan Mindset Bisnis Anda Gagal

DAHSYAT, jangan dulu berkomentar ya, silahkan anda coba bayangkan anda menjalankan bisnis yang anda inginkan, tapi bayangkan bisnis itu GAGAL, apa anda masih mau untuk terus memulai bisnis itu?

Tapi jangan pesimis dulu, sebenarnya hal ini bagus untuk perkembangan dan latihan mindset anda, saat anda membayangkan bisnis anga gagal, anda juga harus membayangkan apa penyebab kegagalan bisnis anda, dan apa yang seharusnya dilakukan agar tidak gagal.

Artinya anda sudah mempersiapkan mental jika memang saat anda memulai bisnis dan ternyata tidak sesuai harapan dan gagal, anda sudah memvisualkan kegagalan tersebut dan jauh lebih siap dan menikmati proses tersebut.

Jadi silahkan di coba mindset gila ini ya 🙂

MINDSET BISNIS

Bagaimana Jika Bisnis Anda Bermasalah

Setelah di atas membahas untuk gagal, sekarang apa yang akan anda lakukan jika kelak bisnis yang anda bangun susah payah ternyata BERMASALAH, entah masalah yang datang dari internal atau external bisnis anda, misal :

  • Masalah staff atau karyawan yang mencuri, menggelapkan income.
  • Piutang yang tidak kunjung dibayar.
  • Black Campagin dari pesaing anda
  • Kritik dari pelanggan anda yang membuat omset menurun
  • Melakukan Iklan tapi tidak balik modal.
  • Dan masih banyak lagi

Dari point-point di atas mungkin masih banyak yang bisa anda tambahakan, apa yang anda pikirkan sekarang ? masih berminat masih ingin memiliki bisnis usaha.

Produk Anda Tidak Pernah Laku

Saat anda memulai bisnis, menjual sesuatu, anda sudah memikirkan dengan matang bagaimana bentuk produk sampai cara mempromosikan sudah anda planning dengan baik, setelah anda yakin semua siap, ternyata setelah anda mencoba penjualan poduk anda tidak laku, seminggu tidak laku anda masih yakin untuk melakukan analisa di mana kesalahannya, untuk diperbaiki di minggu berikutnya, akan tetapi tidak disangka minggu berikutnya tidak ada yang beli bahkan kritik pun tidak ada.

Bulan berikutnya tetap sama, sampai tak terasa setahun produk anda tidak pernah laku, semua analisa sudah anda pelajari dan anda rubah tapi tetap tidak ada hasil, apa yang akan anda lakukan ?

Ditambah ada beberapa modal yang anda dapatkan dari pinjaman atau hasil modal rekan anda yang sudah setahun anda ditagih untuk segera mengembalikan modal karena bisnis anda tidak berjalan, apa yang akan anda lakukan?

Bisnis Anda Di Duplikat Oleh Pemain Baru

Saat anda memutuskan utuk memulai bisnis dan anda sudah tau apa yang akan anda jual dan bisnis anda bergerak di bidang apa, anda mulai melakukan step-step dalam menjalankan bisnis dengan gembira, mulai dari mempersiapkan produk sampai bagaimana display produk anda bahkan sampai tempat.

Setelah anda menjalankannya pelan-pelan selama 6 bulan anda mulai melihat bisnis anda perlahan meningkat, orang-orang mulai suka dengan produk anda dan sudah mulai ada beberapa yang ingin menjadi reseller atau menawarkan untuk buka cabang, karena memang bisnis anda sangat niche market, tidak ada pesaing dan produk anda unik sedangkan peminatnya sangat banyak.

Dalam waktu satu (1) tahun bisnis anda sudah terbilang sukses, tahun kedua mulai banyak yang bertanya-tanya tentang tips dan resep bisnis anda, beberapa bulan kemudian bisnis anda diliput media, beberapa bulan berlalu tiba-tiba ada yang melakukan bisnis mirip seperti anda dan ada beberapa keunggulan mulai dari harga yang lebih murah kualitas lebih baik dan dengan cepat membuka cabang di mana-mana, dan tak terasa bisnis anda mulai sepi karena mulai ditinggal oleh pelanggan yang tadinya setia dengan anda akhirnya berpaling dan memilih tetangga anda yang lebih hijau.

Apa yang akan anda lakukan?

Kesimpulan

Dari pembahasan yang dijabarkan kali ini bagaiamana respon anda ? apakah anda merasa tertantang untuk memulai bisnis atau malah semakin merasa tidak nyaman dan lebih memilih untuk bekerja normal seperti biasa dan mendapatkan gaji setiap bulan serta tunjangan di akhir tahun tanpa perlu memikirkan bagaimana perusahaan tempat anda kerja RUGI atau UNTUNG semua keputusan ada ditangan anda, dan semua rencana anda akan sia-sia jika hanya rencana tanpa action, anda action atau tidak pun pada akhirnya kita akan kembali ke pada-Nya sang pencipta Maha Pemilik Segala-galanya.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir semoga bisa mencerahkan atau membantu teman-teman dalam melihat dari berbagai sisi (angel), mohon maaf bila di pembahasan ini ada bahasa dari kami yang kurang berkenan, semoga kita selalu diberi kesehatan dan kesuksesan di dunia dan akherat.

SUKSES SELALU UNTUK KITA SEMUA