tips bisnis pemula

Mulai Memutuskan Untuk Berbisnis ? Berikut ini 10 Tips Bisnis Pemula Yang Bisa Menjadi Refrensi.

Posted on

Anda mau mulai untuk berbisnis, di pembahasan kali ini akan dikupas tentang tips bisnis pemula yang bisa menjadi refrensi anda bagaimana cara memulai usaha dari nol.

Memang saat kita memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis awalnya sangat antusias dan bersemangat bagi sebagian orang apalagi mereka yang sebelumnya adalah seorang pekerja reguler di sebuah perusahaan, mungkin akan sangat sulit untuk keluar dari zona nyaman.

Bahkan kebanyakan orang yang sudah terjun ke dunia bisnis pun masih bisa bimbang dengan bisnisnya sendiri dan bisa cepat gulung tikar dan akhirnya kembali menjadi pekerja / karyawan di sebuah perusahaan.

berikut ini beberapa refrensi / tips untuk anda yang berniat untuk fokus berbisnis dan keluar dari zona nyaman :

Baca Buku Bisnis

Memang di era serba digital ini informasi sangat mudah didapatkan di internet, akan tetapi tetap saja bagi kita yang benar-benar serius akan lebih baik jika perbanyak membaca buku seputar bisnis, karena di buku akan lebih teratur, lengkap dan mendalam. kebanyakan informasi di internet hanya sekilas atau setengah-setengah dan sedikit sulit untuk memahami alur yang benar dan terstruktur, dengan membaca buku bisnis biasanya penulis sudah merangkum agar mudah dipahami dengan membuat materi secara teratur dan mudah dipahami.

Namun bukan berarti anda juga langsung percaya atau menelan mentah-mentah informasi yang diberikan di buku, anda juga tetap harus belajar untuk menyaring mana informasi yang benar-benar anda pahami, jika ada yang sekiranya kurang masuk akal, anda bisa melakukan research agar lebih paham dan lebih luas lagi wawasanya, dan juga tentunya akan jauh lebih memahami jika anda mulai terjun ke dunia bisnis, dan bagaimana cara membuka usaha sendiri di rumah.

Rangkum Hasil Berselancar Di Internet

Setelah mencoba dengan cara membaca buku bisnis, tentunya ada baiknya juga belajar dari internet terutama dari blog atau website yang membahas sepurat bisnis yang bisa menjadi bahan refrensi untuk anda dan bisa anda kembangkan dengan versi anda sendiri.

Terutama untuk anda yang baru mulai bisa mencari bagaimana manajemen bisnis untuk pemula, ini penting karena jika tidak memulai memanej bisnis anda maka anda akan kesulitan dalam menganalisa apa yang salah dan apa yang sudah benar, dan bagaimana bisnis anda kedepan semua bisa diliat dari manajemen bisnis.

Agar nantinya tidak meluas terlalu jauh, tentunya usahakan anda melakukan Mapping atau rangkum apa saja yang sudah anda pelajari dan bisa menjadi refrensi, setelah itu anda bisa urutkan tahap mana atau materi mana yang seharusnya anda lakukan pertama, mungkin untuk pertama kali akan sedikit bingung, namun anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan versi anda dan bisa anda praktekan sehingga anda tau mana yang efektif dan tidak.

Mindset Bisnis

Kenapa di 2 point di atas saya menyarankan anda baca buku dan baca-baca website bisnis terlebih dahulu, karena untuk menyiapkan mental dan mindset bisnis anda agar ada persiapan atau minimal mulai terbentuk dan tergambarkan bagaimana dunia bisnis nanti, karena sebagian dari anda yang membaca artikel ini pastinya ada yang masih bekerja atau sedang mencari pekerjaan yang biasanya terbiasa dengan penghasilan rutin tiap bulan dari gaji.

Karena di bisnis nantinya bahkan anda bisa tidak mendapatkan hasil apapun di tahun pertama, ini yang harus anda pelajari dan siapkan bagaimana agar pikiran dan kebiasaan anda siap menerima resiko bisnis.

Resiko bisnis ini yang kebanyakan orang emoh (tidak mau) karena itu bagian dari suatu penderitaan yang mana orang menghindari derita, padahal semakin banyak penderitaan semakin banyak kebahagiaan, setiap sesuatu masalah yang kita alami setelah melewatinya kita akan merasa senang dan bahagia, begitupula dalam berbisnis, contoh saja Jack Ma yang tidak mendapatkan penghasilan bertahun-tahun dan mengalami kerugian yang fantastis dalam membangun Alibaba.

Rencana Bisnis

Menentukan Jenis Usaha Yang Ingin Dijalankan

Point-point di atas adalah tentang mental atau mindset, point berikutnya sampai selesai adaalah tentang persiapan yang bisa dilakukan yang menjadi dari bagian tips bisnis pemula yang bisa anda terapakan dan dicoba.

Setelah anda yakin, silahkan untuk mulai menentukan anda ingin bisnis apa, usahakan yang sesuai dengan kemampuan terlebih dahulu, kecuali jika anda punya dana berlebih anda bisa langsung rekrut orang yang ahli di bidangnya.

Tentukan dengan keyakinan dan rasa percaya diri apapun resiko didepan nanti jangan sampai anda berubah pikiran dan berhenti untuk meneruskan bisnis anda tersebut, anda bisa mulai dengan sesuatu yang anda senangi dalam menjalankanya agar nantinya anda tidak mudah bosan dan cape dengan bisnis yang baru anda rintis.

Persiapkan Modal Pertama

Untuk persiapan modal ini tidak hanya uang saja, tapi juga peralatan lain yang menunjang dan modal ilmu yang harus terus diasah dan menambah wawasan seperti point pertama, untuk membaca buku yang terkait.

Walaupun bisa saja cara memulai bisnis online dari nol itu memungkinkan, tapi tetap usahakan Modal bisnis tidak berasal dari hasil pinjaman, karena resiko anda akan semakin berat, untuk di awal-awal anda bisa menggunakan modal materi yang anda punya atau alat-alat yang anda miliki terlebih dahulu, karena jika anda langsung meminjam uang selain berurusan dengan bunga dan waktu jatuh tempo, menjadikan anda tidak fokus dalam merintis, untuk di awal-awal lebih baik anda mencari rekan untuk di ajak kerjasama dan nantinya bagi hasil dengan anda, dan silahkan dibicarakan jika mengalami kerugian maka akan seperti apa.

Jika bisnis anda di bidang jasa, biasanya modal materi ini akan semakin sedikit, apalagi anda bisa mendapatkan bayaran sebelum jasa anda selesai, ini akan sangat membantu percepatan perkembangna bisnis anda.

Menentukan Market Anda

Setelah mengetahui bisnis apa yang ingin anda jalankan, berapa modal awal, akhirnya anda pada point dimana menentukan market atau pasar yang cocok atau yang seperti apa pelanggan ideal anda, misal bisnis dibidang jasa pembuatan website landing page, modal sudah anda tentukan, maka sekarang anda bisa menentukan pelanggan seperti apa yang membutuhkan jasa pembuatan website landing page anda :

  • UMKM yang masih offline, ingin go online
  • pengusaha yang ingin memiliki landing page untuk perusahaanya
  • para artis yang ingin membranding namanya
  • dan masih banyak lagi

bisa anda list sebanyak mungkin, contoh diatas masih belum spesifik, karena belum memasukan usia, lokasi, kegiatan atau aktifitas dan lain-lain silahkan anda kreasikan, semakin lengkap semakin bagus, nanatinya bisa membantu anda dalam mentarget pasar, terutama jika anda ingin menggunakan iklan seperti fb ads atau google ads.

Tentukan Margin / Harga Jual

Mungkin anda mulai bertanya-tanya bagaimana cara bisnis pemula modal kecil, pengen mulai wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha seperti apa, di bagian ini bisa dibilang adalah kunci dari bisnis itu sendiri, yaitu MARGIN atau selisih dari harga jual di kurangi modal.
 
Dengan mendapatkan selisih inilah bisnis kebanyakan berjalan, bagaimana cara memulai usaha dari nol bisa dibilang ini point krusial, brapa anda ingin mendapatkan untung dari penjualan produk anda, atau jasa yang anda tawarkan ini bisa menjadi alternatif cara berbisnis tanpa modal, karena jasa biasanya dimulai dengan keahlian yang sudah kita miliki di bidang apa.
 
Tips ini tidak hanya untuk yang sudah berusia lanjut saja, ini juga berlaku untuk bisnis pemula untuk anak muda, daripada hanya menghabiskan dengan berfoya-foya lebih baik dimaksimalkan untuk menambah wawasan dan menghabiskan jatah gagal :).

Siapa Kompetitor Anda

Agar anda lebih termotivasi lagi, silahkan anda lihat, bidang bisnis yang anda jalankan apakah ada kompetitornya, bagaimana kompetitor anda menjalankan roda bisnisnya, jadikan kompetitor sebagai alat ukur kemampuan dan koreksi dari rencana anda.
 
Anda bisa mulai melihat bagaimana kompetitor anda melakukan marketingnya, distribusi sampai mengelola SDM (Sumber Daya Manusia), dimulai dari mencoba produk pesaing anda atau sekedar lihat-lihat di social media dan websitenya.
 
Dan pastinya jadikan kompetitor itu rekan kerja bersama, buka musuh yang harus dijauhi.

Tambah Wawasan

Jangan puas dengan apa yang sudah anda ketahui seputar ilmu bisnis dibidang anda, apalagi bisnis anda terkait dengan teknologi, tentunya haru terus mengikuti zaman dan pola yang terus berubah, anda tetap harus belajar dan menambah wawasan dengan lebih banyak lagi, semakin anda belajar dan semakin anda menerima masalah yang datang maka anda sedang menambah wawasan anda lebih jauh lagi lebih banyak lagi.

Wawasan sendiri tidak harus dari baca buku atau dari pengalaman anda, bisa juga dari pengalaman atau cerita rekan anda atau orang-orang disekitar anda.

Jangan Menyerah dan Intropeksi Diri

Point terakhir ini menjadi penutup dari pembahasan kali ini, walaupun sebenarnya masih banyak lagi, mungkin bisa sampai 100 point tips bisnis pemula, tapi akan terlalu panjang jika semua dibahas di sini, dan anda tidak segera mulai membuat sebuah rencana dan praktek, semua akan anda temukan hal-hal yang tidak disebutkan di sini, jadi mempraktekan semua adalah cara terbaik.

Di point terakhir adalah tetap lanjutkan dengan rencana anda tanpa menyerah dan selalu lakukan evaluasi dan intropeksi diri, apa yang kurang dan mana yang perlu diperbaiki, jangna merasa sudah benar dan sudah merasa sukses.

Selalu evaluasi setiap hari, apa yang belum terlaksana dan mana yang sudah dilakukan. agar tidak terjadi kegiatan yang sia-sia, semua ini hanya tips dan rencana, tetap yang menentukan sukses atau tidaknya adalah Tuhan yang maha kuasa, Allah S.W.T.

Kesimpulan

Artikel tips bisnis pemula ini dibuat untuk anda yang masih bingung atau tidak yakin untuk memulai bisnis.

Karena beberapa hambatan dan bisikan dalam pikiran yang terus menerus mengahantui, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memulai sesuatunya dengan baik dan tetap iktiar, anda bisa membaca pembahasan MINDSET BISNIS yang akan semakin menantang anda untuk siap atau tidak dalam berbisnis, Terimakasih Banyak, sehat selalu untuk anda, sampai jumpa lagi di pembahasan yang lain.