Tips Ide Bisnis

10 Tips Ide Bisnis Agar Bisa Anda Wujudkan

Posted on

Tips Ide Bisnis

Selamat datang kembali di website diputra.com portal bisnis UKM artikel kali ini akan membahas tentang tips ide bisnis bagaimana cara mewujudkan ide anda menjadi bisnis yang nyata secara cara step by step yang mungkin bisa membantu Anda berikut tahapannya.

1. Pilih IDE (Tips Ide Bisnis)Terbaik

Tentunya Jika anda memiliki sebuah ide biasanya kan lebih dari satu bermula dari ide yang muncul pertama berkembang menjadi ideide berikutnya, untuk langkah pertama ini silahkan anda pilih ide yang menurut anda paling anda inginkan dan memungkinkan untuk anda kerjakan dengan resource yang ada.

Utamakan itu yang masih mungkin untuk ada wujudkan jika tidak bisa Anda bisa delegasi kan kepada orang yang ahli di bidangnya.

Anda bisa mulai dengan 5 ide yang sangat kuat dan anda yakin sekali bisa mewujudkannya, tips ide bisnis pertama ini menjadi penting karena pastinya anda memiliki banyak sekali ide!

2. Coba Lihat Dari Sudut Lain

Setelah Anda memilih lima ide pilihan yang paling kuat selanjutnya untuk tips ide bisnis bisa silakan Anda lihat dari sudut yang lain artinya lima ide anda ini silahkan dilihat dari sisi peluangnya Apakah ada

dan juga dari sisi finansialnya Bagaimana jika nanti ada investor kompetitor dan bagaimana pelanggannya silakan dilihat dari sisi seperti itu

dibuat di dalam satu catatan atau satu folder anda rinci dari 5 ide itu Anda analisa semuanya secara keseluruhan dari berbagai sudut.

Hal ini penting agar Anda paham Apakah yang anda pilih ini benar-benar cocok dan sangat kuat dengan niat anda untuk membangun sebuah bisnis yang bermula dari ide anda.

Dan juga nantinya kedepan akan mempermudah step-by-step anda dalam melakukan atau memulai sebuah bisnis.

Terutama dari sisi sudut pandang finansial Yang kedua juga dari sisi kompetitor yang ketiga juga tentunya nya calon pelanggan atau pembeli produk Anda.

3. Dengar Masukan Dari Orang Lain

Setelah memutuskan IDE yang mana yang akan anda jalankan.

Anda bisa meminta masukan atau saran dari beberapa orang yang memang pakar atau ahli di bidang yang akan anda geluti, semisal ide bisnis anda adalah ingin membuka warung kopi kekinian.

Anda bisa meminta masukan atau saran dari orang-orang yang paham tentang kopi, orang yang biasa ngopi di cafe, orang yang kerja di cafe, atau orang-orang yang tidak kompeten juga tidak masalah, karena terkadang masukan dari orang yang tidak berkompeten memberikan cara termudah menurut dia yang tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumya.

Bila perlu ingat dan catat untuk keperluan dilain waktu. apalagi mereka memberikan tips ide bisnis.

4. Evaluasi Hasil Masukan.

Dari hasil masukan orang lain terutama yang expert dibidangnya, anda bisa melakukan perubahan pada bisnis plan anda yang memang terasa kurang setelah mendapatkan masukan, terutama permodalan dan cara marketing yang biasanya paling penting. Setelah itu Anda bisa membuat perkiraan modal yang diperlukan untuk mencapai beberapa hal penting yang sudah anda lakukan di bisnis plan anda

Dan anda bisa mulai membuat To Do List apa yang harus dilakukan di bulan pertama atau minggu pertama, dan siapa saja orang yang akan anda libatkan dalam mewujudkan atau mencapai To Do List Anda itu usahakan yang anda libatkan Ini bisa memberikan kontribusi yang positif kepada rencana anda dan anda juga bisa memberikan sesuatu yang positif juga untuk orang yang anda rekrut agar saling simbiosis mutualisme.

Nanti Seiring berjalannya waktu saat anda mulai mencapai target poin per poin anda akan tahu mana yang kurang mana yang bagus, dan melihat berubah jadi silakan anda rancang kembali setelah anda merespon beberapa masukan yang ada di poin sebelumnya.

5. Saatnya Membuat Produk/Jasa Anda.

Untuk langkah awal silakan Anda membuat produk atau jasa sesederhana mungkin atau semudah mungkin seminimal mungkin anda tidak perlu memulainya dengan produk atau desain yang sangat berkelas terbaik dan sempurna, anda bisa memiliki beberapa fitur yang sangat lengkap nanti setelah anda mencoba produk versi minimal Anda.

Jadi silakan simpan produk atau fitur-fitur yang ingin anda tambahkan yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen anda, target Anda adalah membangun produk atau jasa anda tersebut dengan secepat dan semudah mungkin agar segera bisa dinikmati oleh konsumen dan anda juga tahu apa yang anda lakukan kedepannya Anda menambah beberapa fitur secara bertahap sampai Anda mantap dan siap untuk terus dikembangkan menjadi jauh lebih baik lagi.

6. Mulai Membuat Toko atau Etalase.

Dan sekarang adalah Saatnya anda membuat toko Anda atau etalase online anda

Anda tidak perlu takut dan tidak perlu menunggu sampai sempurna, yang pentingnya saja dan sederhana mungkin yang jelas anda tidak perlu menunggu sampai sempurna apalagi jika menunggu sempurna itu menyulitkan Anda,  setidaknya cukup capai predikat produk Anda  ada dan itu layak jual sebelum Anda masuk ke pasar yang lebih luas lagi .

Jangan sampai bisnis atau produk Anda ini berjalan tanpa arah dan kehilangan waktu dan juga uang terbuang dengan sia-sia dan anda tidak akan sempat untuk menganalisa perilaku konsumen Anda, inilah Kenapa Anda harus merilis produk seminimal mungkin sesederhana mungkin agar anda tahu dengan cara seperti itu Anda bisa menganalisa sedikit demi sedikit fitur yang ingin Anda masukkan, dan dikombinasikan dengan fitur yang konsumen butuhkan.

Anda bisa mulai dengan merilis toko online anda sekarang, dan sudah sangat mudah sekali membuat toko online ataupun Anda buka toko offline jadi kuncinya adalah mulai dulu dan anda baru tahu seperti apa perubahan yang bisa anda lakukan dan  melakukan evaluasi lagi kedepannya.

7. Saatnya Menguji Strategi Yang Sudah Anda Rencanakan.

Saat toko anda sudah benar-benar dibuka, sudah saatnya anda untuk menguji strategi yang sudah anda rencanakan juga terapkan dan yang terpenting adalah bagaimana produk Anda yang sudah ada di pasaran atau di internet mendapatkan hasil yang positif atau negatif.

Anda bisa mulai mencari informasi seberapa besar kesesuaian produk Anda atau penawaran anda dengan kebutuhan konsumen atau Demand jadi pastikan anda mempelajari supply-and-demand dari produk anda dan pastikan lakukan juga pengujian pada elemen-elemen yang penting seperti : bagaimana dengan harga yang sudah anda pasarkan atau Anda tawarkan sudah pas atau belum dengan konsumen anda, dan juga bagaimana merk anda itu di mata konsumen, dan juga tentunya fitur bagaimana pengalaman konsumen yang sudah menggunakan atau memakai produk atau jasa anda.

Anda bisa mendapatkan surveinya dan pelajari hasil survei lalu cobalah untuk membuat langkah-langkah sasaran berikutnya yang bisa Anda ambil dari hasil data sebelumnya dan Anda juga bisa mulai menghitung Berapa biaya pemasaran yang efektif Setelah anda melakukan pemasaran di awal dan bagaimana cara untuk menarik konsumen lebih banyak atau dengan mencoba beberapa metode seperti iklan online atau promo yang belum pernah anda lakukan sebelumnya atau langsung door to door atau bekerjasama dengan para distributor atau agen yang dirasa akan berdampak kepada penjualan produk anda.

Dan anda bisa terus melakukan pengukuran keberhasilan pemasaran Anda tersebut Lalu Buatlah rangkuman untuk memperbaiki semuanya di kemudian hari

8. Lanjutkan Dengan Penyesuaian Strategi.

Setelah anda mendapatkan hasil dan Anda sudah makan evaluasi Anda menemukan poin-poin yang bagus untuk Anda lanjutkan kepada produk Anda dan pemasaran anda ada juga merugikan dari sisi pemasaran dan juga pemasukan, anda bisa mulai untuk menyesuaikan mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus anda rubah atau Anda hilangkan, ada bisa melakukan semua ini dengan perlahan itu sebabnya Kenapa anda tidak perlu menunggu produk Anda sampai sempurna karena banyak sekali yang harus anda lakukan dan evaluasi di awal jadi mulai dulu dan rubah sedikit demi sedikit.

9. Persiapan Upgrade.

Di poin 8 anda sudah melakukan penyesuaian dan kini saatnya anda melakukan upgrade anda bisa mulai untuk merencanakan merekrut karyawan atau beberapa orang yang kompeten di bidangnya seperti pemasaran, content Creator ataupun hal-hal lain, Sekiranya Anda bisa delegasikan ke orang lain.

Anda sudah harus mulai memikirkan bagaimana bagian-bagian yang biasa anda lakukan bisa diserahkan ke orang lain dan anda bisa memikirkan hal-hal yang lain agar anda tidak terlalu terbebani karena targetnya adalah Saatnya untuk upgrade bisnis anda dan perbaiki produk Anda

Yang ke depannya seharusnya ada bisa delegasi kan ke orang lain untuk melakukan perbaikan kepada produk Anda agar kerja lebih baik, sampai disini artinya Anda harus rela mengeluarkan uang atau membagi pendapatan anda karena sudah merekrut orang-orang ahli dibisnis anda.

Bahkan Anda sudah bisa mulai untuk mencari beberapa investor atau pendanaan yang bisa membantu Anda semakin yakin untuk mengembangkan bisnis anda jadi bisa memulai mengembangkan atau upgrade tanpa perlu pusing-pusing memikirkan dana dari kantong Anda, cukup cari investor atau pemodal yang mau mendukung bisnis anda menjadi jauh lebih baik lagi.

10. The Blueprint

Sampai disini Anda sudah harus membuat sebuah blueprint.

Artinya anda mempunyai resep rahasia perusahaan anda yang mana di dalamnya sudah ada Hasil pengujian anda dan juga beberapa instruksi untuk tim atau karyawan Anda, apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai hasil yang sesuai anda inginkan. Disini anda bisa mulai memantau perkembangan bisnis anda dan anda bisa memulai untuk membuka bisnis menjadi jauh lebih besar lagi dan tentunya Anda bisa mulai untuk memikirkan semuanya agar berjalan otomatis tanpa perlu ikut campur anda di dalamnya dan semuanya seharusnya sudah ada di sebuah blueprint

Baca Juga : Apa itu Niche Market

Dan itu adalah beberapa poin yang bisa kami sampaikan tentang tips ide bisnis dan kami bagikan di artikel kali ini semoga bermanfaat dan mungkin masih banyak kesalahan atau kekeliruan di dalam artikel ini kami mohon maaf silakan Anda ambil yang baiknya dan ada bisa buang yang jeleknya dan jika bermanfaat Anda bisa share artikel ini atau komentar di bawah itu akan sangat membantu kami untuk terus membuat artikel yang bermanfaat untuk Anda dan kemajuan bisnis anda di Diputra portal UKM “sukses selalu untuk anda”