Cara Bisnis Sayuran

10 Tips Bisnis Sayuran Sederhana Tapi Powerfull Di Zaman Modern

Posted on

Tips bisnis sayuran bagi anda yang berkeinginan memulai usaha di bidang persayuran seperti ini.

Bagi anda yang tidak kepikiran mau bisnis apa, pasti mendengar bisnis sayuran yang ada di pikiran anda adalah becek-becekan di pasar tradisional, 🙂

Saya bisa katakan memang benar bisnis sayuran biasanya ada di pasar tradisional yang ramai saat subuh sampai pagi, terkadang juga sampai siang, belum lagi becek jika hujan dan banyak limbah-limbah bekas potongan sayur yang berceceran di jalanan.

Tapi walau begitu perputaran uang di pasar tradisional khususnya jualan sayur di pasar sangat cepat dan berkah, bagaimana tidak, sudah banyak orang tua jaman dahulu sudah berjualan sayur atau lainya di pasar tradisional dan bisa naik haji, membiayai hidup sampai menyekolahkan anak-anaknya ke perguruan tinggi, yang mungkin belum tentu bisa diikuti oleh anaknya sendiri karena perubahan zaman yang sangat cepat.

Tapi tenang, anda yang milenial atau generasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, tetap bisa jualan sayuran tanpa harus mengikuti cara tradisional.

dan asiknya bisa dimulai dengan modal kecil sebelum menjadi besar

Yang diperlukan di bisnis ini adalah ketelatenan dan sabar untuk menjadi besar, terutama dengan keuntungan atau margin yang sangat kecil.

Pertama tentunya mau jualan sayuran di mana ?

Bisnis Sayuran

Seperti yang sudha dibahas di atas jika anda mau menjual sayuran dengan cara tradisional salah satunya di pasar basah, maka anda harus mempersiapkan modal yang jauh lebih besar ketimbang cara modern, kenapa?

Karena anda harus mempersiapkan untuk sewa ruko dan beberapa penyesuaian di ruko agar pas dengan bahan sayuran yang anda ingin jual, itu masih bagian kecil saja dari beberapa langkah awal yang harus anda persiapkan, dan tentunya anda sudah mempunyai pesaing langsung dilapangan yang lebih dulu jualan di sana.

Bagaimana dengan modern?

Jika anda memutuskan untuk menjual sayuran dengan cara modern maka modal awal yang minim juga anda bisa mulai sebelum melangkah ke level yang lebih advance, tentunya akan dibahas diartikel ini tentang cara jualan sayuran dengan cara modern.

Beberapa alasan kenapa memulai bisnis sayuran dengan cara modern :

  • modal sangat minim
  • bisa dimulai bahkan dari kalangan anak muda (milenial)
  • BEP (Balik Modal) terbilang cepat
  • sayuran adalah termasuk bahan pokok makanan sehari-hari, dan konsumennya pun di era sekarang ingin serba cepat, mudah dan murah
  • bisa dimulai dari rumah

itu adalah beberapa point yang bisa menjadi patokan dari sekian banyak alasan kenapa memilih bisnis sayuran dengna model modern.


Perencanaan bisnis sayuran

Sekarang kita masuk ke perencanaan, biar lebih tertata pastinya harus direncanakan agar anda tidak bingung, walaupun nantinya rencana anda belum tentun berjalan, tapi setidaknya kerapihan pola harus sudah dimulai dari awal.

TENTUKAN MODAL AWAL

karena bisnis sayuran ini adalah model modern maka yang bisa anda persiapkan adalah diantaranya seperti berikut :

  • pembelian bahan baku (jika tidak menanam sendiri)
  • packing sayuran
  • label jika diperlukan
  • niat dan keuletan

di atas hanyalah beberapa saja karena andalah yang akan menyesuaikan apa yang benar-benar diperlukan, pola yang akan direncanakan kurang lebih seperti gambar di bawah ini, agar anda lebih paham apa yang harus anda persiapkan.

bisnis sayuran flownya
Flow Bisnis Sayuran } Copyright Diputra.com

Gambar diatas adalah flow kurang lebih yang bisa anda terapkan, gambar tersebut hanyalah gambaran saja yang tentunya akan berbeda atau jauh lebih kompleks lagi, tapi untuk anda yang bingung diawal, bisa mengikuti flow gambar tersebut.

Anda juga wajib menentukan margin setiap item sayuran yang akan anda jual, untuk awal-awal anda bisa mengambil margin yang sangat kecil untuk menarik minat pembeli.

Karena sayuran adalah bahan pokok manusia maka hampir setiap hari orang akan membeli sayuran untuk disajikan di keluarganya, dan anda bisa mulai berapa margin keuntungan setiap produk contohnya untuk awal-awal anda bisa mengambil margin di Rp 250 per item, walaupun kecil sekali tapi anda harus ketahui bahwa perputaran uang di jualan sayuran sangat cepat mungkin jika anda konsisten 1 bulan anda sudah bisa BEP.

SAYURAN APA YANG INGIN ANDA JUAL

Setelah mengetahui MODAL selanjutnya anda tentukan sayuran apa saja yang ingin anda jual, karena ini cara modern maka yang menjadi perhatian adalah beberapa point berikut ini :

  • Kualitas Sayuran
  • Foto Produk Sayuran

karena teknik modern ini akan lebih mengutamakan tampilan sayuran yang menarik maka anda akan lebih serius dalam mengambil stok gambar sayuran, dalam pengambilan gambar sayuran cuku sekali foto-foto bisa anda gunakan berkali-kali, kecuali jika memang anda memiliki varian baru.

Anda tinggal fokus di kualitas sayuran dan packing pengiriman.

SIAPKAN MODEL PACKING (BRANDING)

Karena ini modern maka anda perlu memikirkan untuk branding anda, kekuatan markeitng mulut terdapat di komentar atau review pembeli anda sebelumnya. maka dari itu penting untuk anda mempersiapkan packing yang membantu menjaga kesegaran dan kualitas sayuran sampai ke tangan konsumen, tentunya beserta dengan label branding anda agar nantinya konsumen bisa mengetahui kemana dia harus berli sayuran ebrkualiatas dengna mudah jika sudah mengetahui branding anda.

TENTUKAN SUPLIER ATAU PEMASOK

Untuk di awal jika anda tidak menanam sayuran sendiri pastinya anda harus mengetahui suplier atau pemasok sayuran yang sesuai dengan kriteria anda, tentunya dengan harga yang bersaing agar nantinya margin anda pun jelas.

jika anda sudah punya tanaman sayuran sendiri tentunya akan jauh lebih mudah lagi, jika sudah berjalan sangat disarankan anda mempunyai tanaman sayuran sendiri.

Beberapa point yang bisa menjadi patokan dalam memilih pemasok sayuran :

  • Harga Bersaing
  • Kualitas Sayur Segar dan Fresh
  • Bisa Ambil Barang Terlebihdahulu (opsional) ini membantu anda yang belum punya modal

Setelah jelas modal, packing dan pemasok. Anda bisa mulai mempersiapkan cara berjualan.


CARA BERJUALAN YANG BISA DIGUNAKAN ( Bisnis Sayuran Online )

PRE-ORDER

Cara jualan dengan cara pre-order ini juga pastinya terdapat keuntungan dan kerugian di masing-masing bagian.

Keuntungan Jual Sayuran dengan cara pre-order :

  • anda tidak perlu membeli atau stock sayuran, yang beresiko sayur terlanjur layu sebelum laku, dengan cara pre-order anda bisa pesan sayur ke suplier saat ada orderan ke anda melalui pre-order, bahkan anda tidak perlu modal uang jika pembeli sudah booking orderan dengan membayar di awal, atau bisa dengan DP 50%.
  • jika anda bisa menanam sendiri, anda bisa mengambil keuntungan lebih, karena anda tangan pertama yang menjual sayuran, pembeli bisa pre-order, sebelum sayuran dipanen 1 bulan kemudian, (setiap sayuran memiliki masa panen yang berbeda).

Kerugian Cara Pemasaran Sayuran dengan sistem Pre-Order :

  • anda harus menemukan suplier yang memang menjaga kualitas dengan baik, juga tentunya dengan harga yang murah dari pasaran, akan tetapi biasanya akan sedikit sulit karena anda belum memahami pola keseluruhan dari mulai mencari sayuran baik dan sehat ditambah harga yang bisa menguntungan untuk anda.
  • karena sistem pre-order ini pembeli tidak mendapatkan barangnya langsung, biasanya akan sedikit sulit jika anda belum meyakinkan atau memiliki nama (brand) kepercayaan oleh pembeli.

DROPSHIP

Cara berikutnya adalah Dropship, mungkin sebagian dari anda sudah ada yang familiar dengan istilah dropship.

Kebanyakan sistem ini digunakan untuk produk fisik katagori : Elektronik, Perabotan, Baju dan barang-barang lain yang sifatnya awet atau dikonsumsi dengan cara digunakan.

Keuntungan Jual Sayuran dengan cara Dropship :

  • tidak perlu stok sayuran, karena saat ada yang pesan anda bisa langsung order ke suplier untuk di kirim ke alamat pembeli langsung
  • bisa langsung menawarkan aneka sayuran selama anda tau suplier yang bisa dropship.

Keerugian Sistem Dropship :

  • anda tidak bisa melihat barang yang dikirim oleh suplier ke pembeli berkualitas atau tidak.
  • jika ada komplen dari pembeli makan anda adalah orang yang akan di cari, bukan suplier, karena sayuran menggunakan nama toko anda.

RESELLER

Cara ini bisa dibilang cara yang paling umum bahkan memang yang biasa di gunakan oleh pedagang sayuran offline ( Toko Sayuran Di pasar ).

Mereka mendapatkan sayuran dari suplier dan dijual ulang di pasar tradisional.

Keuntungan menggunakan sistem Reseller :

  • Ketersediaan barang hampir di pastikan selalu ada, karena suplier akan terus berusaha menyediakan sayur agar para pembeli seperti reseller bisa terus berjualan di pasar, dan anda juga bisa terus jualan secara online dengan menjadi reseller sayuran, tentunya anda harus mendapatkan suplier yang menyediakan sayuran terbaik dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran.
  • margin kita yang tentukan sesukanya, tentunya jika ada ongkos kirim anda bisa mainkan sebagai copywriting atau promo khusus GRATIS ONGKIR.

Kerugian sistem Reseller :

  • anda harus memastikan sayuran yang anda jual tetap segar dan tidak layu, bisa dengan menggunakan kulkas khusus.
  • siap rugi saat sayuran tidak terjual dalam waktu dekat.

SAATNYA MEMBUAT ETALASE ONLINE ( PORTOFOLIO )

Karena anda berjualan sayur secara online makan yang diperluakan adalah beberapa akun yang akan di bahas dibagian ini, tapi ini tidak harus diikuti, anda bisa sesuaikan dengan kemampuan anda yang juga sudah anda buat rencananya diawal.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dibuat sebelum berjualan.

  • BUAT AKUN SOCIAL MEDIA

Setelah anda menentukan nama/brand dari bisnis sayuran anda, kini saatnya anda membuat akun GRATIS di social media seperti FB,IG dan TikTok jika diperlukan.

Untuk di awal-awal anda cukup pilih 3 Social Media saja terlebih dahulu, karena yang harus anda lakukan adalah konsistensi mengisi konten di social media anda, setelah bisnis anda berkembang, anda bisa mulai membuat social media yang lain dengan cara merekrut tim khusus untuk mengerjakan hal tersebut.

  • KONTAK WA/TELE

Untuk hal yang satu ini termasuk penting, bagaimana setiap social media yaang anda buat terdapat link pemesanan langsung ke chat anda, karena kebanyakan orang lebih suka jika langsung dilayani, jadi setelah mereka ( calon pembeli ) melihat koleksi photo sayuran anda, pembeli akan melihat profile yang akan mengarahkan ke WA/Tele secara langsung.

  • MARKETPLACE

Untuk menjangkau lebih luas dan juga kemudahan dalam bertransaksi, anda bisa memaksimalkan Marketplace mulai dari TOPED,BL,SHOPEE dan juga FB Marketplace, untuk diawal anda bisa gunakan FB Marketplace untuk jangkauan dan (Biasanya) Chat pertama anda di bisnis sayuran anda, di sini sangat penting untuk melayani pelanggan pertama, agar anda merasakan dan mengetahui bagaimana cara menghendel pembeli.

Di sini juga anda akan belajar memenej hal-hal lain saat ada pembeli pertama, jadi untuk awal-awal gunakan 1 saja dulu saya sarankan FB Marketplace.

  • PROMOSIKAN MEDIA YANG ANDA BUAT KE KELUARGA, SAUDARA, TETANGGA, TEMAN, KOMUNITAS DAN LAIN-LAIN

Setelah anda membuat semua media yang sudah dijelaskan di atas, anda bisa promosikan media tersebut ke lingkungan terdekat anda terlebih dahulu untuk memperlihatkan sekaligus jika ada masukan dari mereka yang bisa anda aplikasikan di bisnis anda.

Jadi anda tidak perlu promo ( Menjelaskan ) sana sini, anda cukup bagikan media yang sudah anda buat, dan lihat respon mereka, untuk di awal-awal jangan baper (kecewa dan murung) jika ada komentar negatif, itu wajar anda harus paham dan mengerti hal seperti itu bagian dari perjalanan bisns anda.

Setelah anda cukup yakin barulah anda bisa menggunakan media ikilan berbayar seperti FB Ads atau Google Ads.


KESIMPULAN

Cara diatas adalah cara-cara untuk membuat nama.brand bisnis sayuran anda bisa dikenal terlebih dahulu, dan juga mengumpulkan testimonial yang sangat penting karena bagian dari branding juga.

Setelah anda bisa menjalankan ini selama kurang lebih 2 tahun dengan profit yang sesuai perkiraan atau bahkan lebih, anda bisa memulai membuat website dan aplikasi yang mana akan semakin mempermudah pembeli dalam memesan sayuran mulai dari pesan dan diantar sampai ke rumah dengan pengiriman dari anda langsung.

Tentunya semua itu butuh proses yang cukup panjang, dan anda harus tekun dan sabar dalam menjalani bisnis seperti ini, yang terpenting anda memiliki pengalaman dan jam terbang yang cukup agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Semoga bermanfaat artikel yang dibuat khusus bagi anda yang ingin memulai bisnis sayuran, dan artikel ini akan terus diupdate jika ada tambahan atau masukan dari anda yang sudah pernah merasakan bisnis ini dan berkomentar di bawah.

SUKSES SELALU UNTUK ANDA “Jangan Lupa Bahagia”